Malware di Extensi Visual Studio Code

Malware di Extensi Visual Studio Code 

Sekarang para Hacker atau Cybercriminals mentarget Visual Studio Code milik Microsoft khususnya di Extension Marketplace, menurut Check Point melakukan analisa telah menemukan beberapa extensi jahat dan telah melaporkan Microsoft, extensi ini membuat para aktor jahat untuk mengambil data penting seperti informasi sistem, password, dll, dan yang lebih parah memberikan akses remot ke komputer yang terinfeksi.

Extensi yang jahat sudah ditemukan dan dilaporkan pada tanggal 4 Mei 2023 dan extensi tersebut dihapus dari Visual Studio Code Marketplace pada 14 Mei 2023. Tetapi para pengguna yang sudah terlanjut menginstall harus menghapusnya secara manual.

Kasus Extensi Jahat yang ada di Visual Studio Code

Karena Visual Studio Code merupakan aplikasi yang digunakan untuk para programmer yang memiliki kustomisasi yang sangat luas dan terdapat ribuan lebih extensi yang dapat menambah fitur fitur Visual Studio Code. Tetapi karena dapat menambah fitur banyak pihak jahat yang menyalahgunakan kekuatan tersebut untuk membuat virus/malware.

Berikut extensi yang sudah ditemukan : 

Theme Dracula Dark

Darcula extension on the VSCode Marketplace

Menurut deskripsi, "Memperbagus warna Dracule Theme di VSCode agar lebih konsisten dan lebih enak dimata ketika koding", extensi ini mencuri informasi tentang sistem pengguna termasuk sistem operasi dan CPU, total RAM, dll, tanpa sepengetahua pengguna, dan karena extensi ini bertipe tema/theme, harusnya tidak memiliki kode/skrip apapun.

python-vscode

Obfuscated C# code injector

Extensi ini sedikit aneh, karena nama pengupload hanya 'testUseracc1111' dan memiliki deskripsi kosong. Didalam extensi tersebut terdapat kode/skrip yang memakai bahasa C# dan telah terenkripsi jadi tidak tahu cara kerjanya.

prettiest-java

Menurut nama dan deskripsi, extensi ini berusaha meniru prettier-java alat format, tetapi dalam kenyataannya extensi tersebut mencuri password, dan data penting didalam Discord, Discord Canary, Google Chrome, Opera, Brave Browser, dan Yandex Browser dan dikirim ke pembuat extensi tersebut.

Check Point juga menemukan beberapa extensi yang mencurigakan tetapi tidak bisa ditandai sebagai virus ataupun malware tetapi extensi tersebut telah melakukan hal yang tidak aman.


Ringkasan

Banyak repository yang memperbolehkan kontribusi oleh pengguna, seperti NPM dan PyPi yang sudah tidak aman karena telah menjadi target oleh penyerang, dan Visual Studio Code juga mulai menjadi target juga.

Jadi para pengguna Visual Studio Code dihimbau menggunakan extensi yang terpercaya, memiliki review dan rating cukup tinggi sebelum menginstall extensi.

Comments

Popular posts from this blog

Pemilihan Text Editor untuk Web Development

Apa sih Web 3.0 Itu?

Rangkuman Bab 7 Pemrograman Web Dengan PHP